Wujudkan Pembangunan Lamteng, Mustafa Minta Kakam Maksimalkan Dana Kampung 

Beritatransparansi.com, Lampung Tengah – Terkait pengelolaan alokasi dana kampung (ADK), Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa menghimbau agar difokuskan pada pembangunan infrastruktur, pembangunan pasar dan mengembangkan potensi kampung. Hal ini disampaikan Mustafa dalam sosialisasi program ADK tahun 2017 di rumah dinas bupati, Selasa, (13/12/2016).

 

Mustafa memaparkan anggaran ADK Lampung Tengah 2017 sebesar Rp. 380.853.444.103 terdiri dari APBN/Pusat sebesar Rp. 241.434.963.000, APBD 2017 sebesar Rp. 139.413.481.000, dan bagi hasil pajak Rp 5.000.000.000.

 

“Kakam (Kepala Kampung) diharapkan mampu mengolah anggaran tersebut dengan sebaik-baiknya. Alokasikan dana kampung infrastruktur seperti jalan atau sesuai kebutuhan masyarakat, pembangunan balai adat/gerbang (ornamen), pasar kampung, lampu penerangan dan BUMK seperti penggemukan sapi (sesuai potensi kampung),” paparnya.

 

Pada kesempatan itu Kakam juga diharapkan dapat memasimalkan pendapatan kampung melalui realisasi PBB, pasar kampung, badan usaha milik kampung/simpan pinjam dan tanah bengkok khusus di Trimurjo). Tahun ini, Mustafa menegaskan, harus ada target peningkatan ADP.

 

“Insentif/honor perangkat Kampung, RT, linmas telah ditingkatkan, untuk itu mohon dukungan untuk kita semua bersama-sama membangun Lampung Tengah. Perangkat kerja terbaik saya janjikan reward umroh ke tanah suci,” ujar Mustafa.

 

Sebagai bagian dari aparatur yang bertanggung jawab di tingkat kampung, pada kesempatan itu Mustafa mengajak Kakam untuk melakukan penguatan pemerintahan kampung. Reformasi birokrasi harus dilakukan dari seluruh tingkatan baik bawah hingga atas.

 

Aparatur kampung, kata Mustafa, harus mampu menyelenggarakan tugas pemerintahan yakni penetapan regulasi, pemberdayaan masyarakat, reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan.

 

“Semua ini harus dijalankan sebaik-baiknya jika kampung ingin maju. Pembangunan tidak akan pernah terwujud jika kampung kita masih tertinggal. Untuk itu saya harap Kakam bekerja serius. Majukan kampung kita, karena jika kampung maju otomatis Lampung Tengah akan maju,” pungkasnya. (tam)