Warga Pertanyakan Kepemilikan Lahan Jalur Pipa PT KTI

Serang, Warga mempertanyakan kepemilikan lahan yang akan dilalui pipanisasi proyek Bendungan Cipasauran yang  dilakukan PT Krakatau Tirta Industri (KTI).

Robby Yusuf mempertanyakan hak kepemilikan lahan yang akan dilintasi pipa proyek PT KTI. “Kata PT KTI itu sewa dari PT Krakatau Steel tapi saat kita tanya buktinya sampai sekarang tidak ada,” ujarnya saat rapat dengar pendapat di ruang paripurna DPRD Kabupaten Serang, Selasa (17/5/2016).

Dikatakan, ganti rugi terhadap lahan warga yang dilintasi pipa juga belum jelas. “Yang saya dengar cuma uang kerohiman yang nilainya tak signifikan,” ujarnya.

Kades Tambang Ayam Jumintra mengatakan bahwa di wilayahnya ada 12 warga yang mempertanyakan haknya akibat proyek ini. “Saya dengar KS punya sertifikat padahal warga belum pernah menjual lahannya,” ujarnya.

Baca Juga:  6 Pejabat Utama Polres Serang Kota Resmi Diserahterimakan

Kepala BPN Serang Muhtar mengaku bahwa lahan yang dilalui jalur pipa belum teridentifikasi apakah lahan itu sudah bersertifikat atau belum. “Jika Pemkab Serang akan melakukan identifikasi kita siap lakukan pendampingan,” ujarnya.

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Serang Syamsudin lahan yang dilalui pipa bisa saja itu lahan negara dan mungkin ada lahan warga. “Itu yang mungkin adanya kompensasi. Kompensasi harus ada kesepakatan antara yang mengeluarkan dan yang menerima. Idealnya diketahui aparat pemerintah daerah,” ungkapnya.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang Masrori, cukup beralasan warga mempertanyakan jika lahannya dilintasi pipa  “Kedua juga masalah ganti rugi atau dana kerohiman,” ungkapnya.

Corporate Secretary PT KTI Sofyan Amin mengatakan, proyek ini sudah lama sosialisasi nama masih ada yang belum titik temu baik dengan masyarakat atau instansi. “Kami juga sudah lakukan prosedur masalah perizinan maupun kepemilikan lahan. Kami hanya sewa lahan pada PT Krakatau Steel,” ujarnya. (Ink/Red)

Baca Juga:  Himbau Masyarakat, Personel Polda Banten Gelar Patroli Dialogis

Sumber : bantennews.co.id