Wappres Jusuf Kalla Inginkan PNS Terus Meningkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat

Jakarta – Badan Kepegawaian Negara menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2016. Acara ini dibuka langsung oleh Wapres Jusuf Kalla. JK menyampaikan agar aparatus sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau kita bicara tentang kepegawaian nasional, dalam bahasa Inggris kita kenal public server, maka tentu ini suatu pekerjaan yang sangat baik, melayani masyarakat,” tutur Jusuf Kalla di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (26/5/2016).

JK kemudian memberikan analogi soal karakter ideal yang dipunyai oleh ASN seperti kelompok penari yang membuka acara. Menurutnya, ASN sepatutnya punya kemampuan dalam menunjukkan kompetensinya, memiliki keindahan dan juga kekompakan gerak.

Baca Juga:  Tekan Angka Kecelakaan Diperlintasan Kereta Api, Dishub Lampura Dirikan 3 Pos Jaga

Ada 3 hal pokok yang menjadi faktor pendorong perubahan karakter PNS. Pertama, JK menyebut bahwa sistem pemerintahan yang ada sekarang sudah tidak lagi sentralistik. Dengan begitu, daerah sudah tidak perlu menunggu instruksi dari pusat untuk mengeluarkan inovasi terkait pelayanan masyarakat.

“Kedua adalah teknologi. Sekarang dimulai e-governance juga smart city. Dengan teknologi, yang baik, PNS bisa berhubungan dengan masyarakat secara terus menerus walau tidak bertemu,” tambah Wapres JK.

Pada poin terakhir, JK mengingatkan persaingan pelayanan antar daerah otonom diperlukan agar Indonesia tidak kalah dengan negara lainnya. Dengan itu diharapkan dapat meningkatkan pula ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Yang dibutuhkan, bagaimana ekonomi bergerak yang menimbulkan pendapatan daerah dan nasional naik. Hanya itu yang bisa mengarahkan negara ini jadi lebih baik,” ucap JK.

Baca Juga:  Infrastruktur Kurang, Kajati Banten 'Curhat' ke Komisi III DPR

Kita harapkan, semua di sini dapat memperbaiki pelayanan terhadap masyarakat. PNS bukan hanya pegawai daerah, tapi pegawai nasional yang ditempatkan di daerah. Semua pegawai negeri Indonesia, dengan tujuan memajukan bangsa ini sebaik-baiknya,” tutupnya.
Sumber : detik.com