Tim KI Banten Lakukan Penilaian Layanan Informasi Di Pemkab Lebak


Beritatransparansi.com,
Lebak – Tim Komisi Informasi Provinsi Banten (KI Banten) hari ini melakukan kunjungan ke pemerintah Kabupaten Lebak dalam rangka menjelang pemeringkatan badan publik tingkat kabupaten/kota.

Pada kunjungan ke Pemkab Lebak ini Tim KI Banten disambut baik oleh Kasubag Humas Iyan Fitriyana, S.H., M.Pd dan Parouch Agnestian.

 

Ketua KI Banten Hj. Rohimah, S.Ag.,M.H, mengatakan bahwa tujuan dari pemeringkatan ini adalah untuk meningkatkan atau mendorong keterbukaan informasi di badan publik.

 

“Yang sudah bagus, supaya lebih bagus lagi, dan yang belum bagus atau belum memenuhi sebagaimana Pasal 9, 10 dan 11 amanat undang-undang 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) itu harus segera terpenuhi,” ujarnya saat ditemui beritatransparansi.com di Ruang PPID Humas Setda Kabupaten Lebak jalan Abdi Negara No. 03 Lebak, Rabu (30/11/2016).

 

Mengenai tolak ukur, KI Banten dalam menilai pemeringkatan badan publik berdasarkan pada Peraturan Komisi Informasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Metode dan Teknik Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik sebagai standar penilaian.

“Perki ini mengatur lebih rinci dan lebih aplikatif bagaimana implementasi UU KIP bisa dilaksanakan dimasing-masing badan publik,” ujarnya.

 

Dijelaskan Rohimah, bahwa Langkah-langkah pemeringkatan ini adalah yang pertama berkoordinasi dulu dengan badan publik seperti kegiatan roadshow ke kabupaten/kota menjelaskan bahwa pada triwulan ketiga KI Banten akan melakukan pemeringkatan.

 

Kedua, tambahnya, KI Banten membagikan Self Assessment Questionare (SAQ) kepada badan publik dengan tenggang waktu tertentu untuk masa pengisian oleh badan publik.

 

Kemudian, lanjut Rohimah, pihaknya sudah menetapkan tanggal berapa SAQ tersebut diterima kembali oleh KI Banten.

 

“KI Banten akan selalu terus berupaya memberikan pemahaman kepada PPID bahwa pemeringkatan adalah agenda yang sangat penting dalam rangka implementasi UU KIP,” katanya.

 

Diketahui, hari ini tim KI Banten juga melakukan visitasi penilaian ke pemerintah Kabupaten Serang dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. (bt/red)