Teguhkan Identitas Advokat Syariah, APSI Gelar Munas Luar Biasa

Beritatransparansi.com, Jawa Timur – Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) gelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di hotel Singgasana Surabaya pada tanggal 31 Oktober 2016 Sampai 1 November 2016.

 

Tujuan diadakan Munaslub ini adalah untuk meneguhkan identitas Advokat Syariah dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) APSI.

“Munaslub ini bertujuan untuk melakukan perubahan AD/ART APSI sehingga memiliki identitas dan ciri khusus sebagai Advokat Syariah,” Ujar ketua Panitia Munaslub Irfan Fahmi, SHI.,MH kepada media. Selain itu dalam rangka merespon berbagai perkembangan hukum dan organisasi advokat kontemporer.

 

Munaslub ini tegasnya, akan dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Nasional, Dewan Kehormatan, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) dan Cabang di seluruh Indonesia, “harapannya pada gelaran munaslub ini bagi para pengurus disetiap tingkatan dapat lebih profesional, berintegritas dan berdedikasi tinggi dalam menjalankan profesi advokat sehingga dapat lebih bermanfaat bagi masyarakat pencari keadilan,” tuturnya.

Baca Juga:  Tahapan Monev Badan Publik, Masuki Babak Presentasi

 

“Penyelenggaraan munaslub ini kita laksanakan di Surabaya karena selain kesiapan DPW APSI Jawa Timur dalam pelaksanaan munaslub tetapi juga Surabaya menjadi tempat bersejarah sebagai simbol perlawanan terhadap kedholiman dan ketidakadilan dengan adanya Resolusi Jihad mempertahankan NKRI, terlebih di bulan Oktober ada peringatan Hari Santri, ada pula peringatan Sumpah Pemuda dan ada pula peringatan Hari Pahlawan,” ujar Ketua Umum DPN APSI Drs. Afdal Zikri SH. MH.

 

Dikatakannya, mengingat Anggota APSI mayoritas adalah para Pemuda alumni Madrasah dan Pesantren maka sebagai Ketua Umum APSI berharap Munaslub di Surabaya dijadikan momentum bagi para Advokat Syariah untuk menjadi penegak hukum yang berintegritas dan menjunjung tinggi nilai-nilai syariah sebagaimana diwariskan oleh para Pejuang bangsa di Surabaya.

Baca Juga:  Pemprov Banten Raih Apresiasi Dari Kementerian Keuangan Atas Predikat WTP 2019

 

“Selain melakukan perubahan AD/ART dan rangkaiannya, tambahnya, APSI akan memberikan award bagi para Advokat Syariah dengan tajuk “SHARIA LAWYER AWARD”, “ujarnya.

“Kategori award tersebut diantaranya Pengacara Syariah Wanita Terbaik, Pengacara Syariah Pro Bono terbaik, Pengacara Syariah Perempuan Pro Bono terbaik, Pengacara Korporat Syariah Terbaik, Firma Hukum Syariah Terbaik, dan lain sebagainya,” terangnya.

 

Ketua Umum DPN APSI Drs. Afdal Zikri SH. MH berharap pemberian award ini mampu memberikan motivasi bagi para Advokat Syariah untuk berkiprah dan mengibarkan panji-panji APSI secara luas di masyarakat dan mampu menjadi penyeimbang dengan penegak hukum lainya.

 

Diketahui, pada kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Ketua DPW APSI Provinsi Lampung. Hermawan, S.HI.,MH menyampaikan bahwa hal ini sejatinya memang sesuatu yang ditunggu sebagai bagian dari APSI di daerah sehingga eksistensi dan roda organisasi semakin mantap dalam perjalanannya mengambil bagian sebagai penegak hukum.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

 

“kita musti satu frekuensi dalam syiar dan penegakan hukum dimana belakangan terjadi perkembangan hukum yang semakin baik dengan segala tantangannya, saya yakin APSI akan menjadi solusi yang solutif bagi para pencari keadilan dan pembelaan terhadap masyarakat tertindas,” ujar Hermawan saat di jumpai awak media. (bt/red)