Sidang MK, 6 Lokasi Wisata di Jakarta Terdampak Rekayasa Lalulintas

34

BeritaTransparansi.co.id, Jakarta – Hari Jumat ini jalanan di sekitar MK mengalami rekayasa terkait sidang sengketa Pilpres 2019. Kamu yang mau wisata ke sekitar Monas, ketahui dulu hal berikut.

Sejumlah rekayasa dan penutupan lalu lintas di sekitaran Mahkamah Konstitusi (MK) tengah dilakukan hari ini berkaitan dengan sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK, Jumat (14/6/2019).

Tak ada penutupan objek wisata di daerah sekitar Mahkamah Konstitusi. Hanya saja, traveler yang ingin berwisata harus menyiasati rekayasa dan penutupan jalan.

Dilansir dari detikcom, berikut tempat wisata yang terdampak sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK dan cara mengunjunginya hari ini:

1.Monas

Berlokasi tepat di depan gedung MK, Monas atau Monumen Nasional adalah salah satu yang paling terdampak. Hanya saja, objek wisata yang satu ini tetap beroperasi seperti biasa.

Adapun hampir semua akses pintu masuknya tertutup oleh barikade dan rekayasa lalu lintas. Traveler yang tetap ingin berwisata ke Monas pun harus berjalan kaki menuju pintu utama gerbang Monas serta IRTI Monas.

2.Museum Nasional

Selain Monas, Museum Nasional atau yang dikenal dengan nama Museum Gajah juga merupakan salah satu objek wisata yang terdampak sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK. Sebabnya, akses depan museum ini ditutup oleh barikade.

Untuk mencapainya, traveler pun harus berjalan kaki dari Jl Abdul Muis atau dari jalan Majapahit di ujung Harmoni. Jalan dari arah Patung Kuda sudah penuh demonstran. Ini dengan catatan akses kalau pejalan kaki dibuka oleh polisi.

3.Museum Taman Prasasti

Berlokasi tak jauh di belakang Gedung MK, akses menuju Museum Taman Prasasti juga terkena rekayasa lalu lintas. Traveler hanya bisa ke sana lewat Jl Fachruddin atau Jl Majapahit.

4.Perpusnas RI

Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, akses menuju Perpusnas RI dari Jalan Merdeka Selatan terdampak dengan adanya rekayasa jalan. Arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Oleh sebab itu, traveler yang ingin berkunjung ke Perpusnas RI dari pintu depan yang menghadap Monas diharuskan turun sebelum simpang Kedubes AS dan dilanjutkan dengan berjalan kaki, atau jalan kaki dari Jl Sabang.

5.Galeri Nasional

Hari ini ada dua rekayasa jalan yang melewati Galeri Nasional di jalan Merdeka Timur. Yang pertama, arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokan ke kanan Jalan Perwira.

Kemudian arus lalu lintas dari Jalan M Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur. Untuk mencapai Galeri Nasional, akses yang masih terbuka adalah dari arah Tugu Tani atau dari arah Jl Pejambon.

6.Ragusa

Dikenal sebagai salah satu es krim legendaris di ibukota Jakarta, Ragusa pun turut terdampak dengan adanya penutupan jalan Medan Merdeka Utara di depan gedung Kemendagri serta jalan Veteran Raya samping Hotel Sriwijaya arah Harmoni.

Oleh sebab itu, es krim legendaris Ragusa hanya bisa diakses dengan berjalan kaki saja dari Jl Veteran 1. Ya, hitung-hitung olahraga sebelum menikmati es krim legendaris.

Perlu diketahui, rekayasa dan penutupan jalur lalu lintas terkait sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK bersifat situasional dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Bagaimana untuk akhir pekan besok? Pantau terus detikcom untuk mendapatkan akses terbaru terkait rekayasa dan penutupan jalan di sekitar area terdampak sidang perdana sengketa Pilpres 2019 di MK. (KI)