Sering Gagal Lelang, Komisi IV DPRD Cilegon Semprot Dinas PU

BeritaTransparansi.co.id, Cilegon -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon mempertanyakan pembangunan yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon. 

Pasalnya, pada anggaran tri wulan pertama tahun 2020 ini DPUTR hanya baru mampu melaksanakan empat program pembangunan.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Cilegon Erik Airlangga mengatakan, dari anggaran triwulan pertama tahun 2020 DPUTR Kota Cilegon hanya dapat melakukan empat program pembangunan. Padahal, masih banyak lagi program pembangunan Pemkot Cilegon yang harus segera dilakukan dan diselesaikan. 

Erik mengaku sejak awal tahun DPRD telah mengawal pembangunan di semua OPD dilingkungan Pemkot Cilegon agar segera di daftarakan di SIRUP dan itu sudah dilakukan oleh semua OPD tinggal menunggu dilakukan lelang. Apalagi, bulan April mendatang banyak pembangunan Pemkot Cilegon harus diselesaikan.

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

Maka dari itu, Erik meminta kepada Dinas PUTR Kota Cilegon agar segera dapat melakukan lelang proyek pembangunan jalan tahun ini. Mengingat, saat ini intensitas hujan cukup tinggi yang membuat sejumlah ruas jalan mudah rusak. 

“April harus ada kegiatan yang harus dilakukan dan harus sudah mulai. Makanya ini kemarin di awal tahun kita sudah kawal untuk seluruh OPD di masukan ke sirup, alhamdullilah 100 persen sudah masuk ke sirup. Tinggal sekarang lelangnya harus dipercepat kalau misalnya ada seperti ini Dinas PU ditahun ini ngga ada yang namanya lelang dua kali. Harus sekali lelang selesai. Bahwa program di PU baru empat yang sudah berjalan di triwulan pertama, masa di triwulan pertama empat, kan bisa yang lain-lain berjalan,” paparnya, Rabu (18/03/2020).

Baca Juga:  Menpan RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Pemkab Tulangbawang

Erik mengatakan untuk masalah pembangunan harus cepat karena pekerjaan yang ada di Dinas PU langsung dirasakan oleh masyarakat. 

“Bagaimanapun masyarakat menunggu kegiatan yang ada di Dinas PU karena lebih mencolok karena dirasakan langsung oleh masyarakat. Kita juga akan manggil beberapa OPD yang mempunyai kegiatan yang cukup lumayan besar jangan sampai mandek lagi mandek lagi,” pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala DPUTR Kota Cilegon Ridwan mengaku akan mengevaluasi semua program pembangunan yang ada di DPUTR Kota Cilegon. Evaluasi itu saat ini tengah masuk proses DED untuk mengetahui  jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk semua program pembangunan yang akan dilakukan pada tahun 2021 mendatang. 

Ridwan mengungkapkan, khusus untuk tahun 2020 ini pihaknya akan melakukan perawatan, peningkatan jalan di 40 ruas jalan di Kota Cilegon yang akan menghabiskan anggaran kurang lebih sekitar Rp 162 miliar.

Baca Juga:  Menpan RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Pemkab Tulangbawang

“Khusus untuk tahun 2020 ini kita akan melakukan perawatan, peningkatan jalan di 40 ruas jalan di Kota Cilegon yang akan menghabiskan anggaran kurang lebih sekitar Rp 162 Miliar,” tandasnya. (Luk/Red)