Sengketa Informasi: PTUN Serang Kandaskan Biro Umum Setda Banten

Sidang Saat Sengketa di KI Banten
Sidang Saat Sengketa di KI Banten

Beritatransparansi.com, Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) memenangkan Haerudin dalam upaya banding sengketa informasi dengan Biro Umum Setda Provinsi Banten, Serang (30/6/2016).

Ketua Majelis Hakim M. Ferry Irawan, beserta Syafaat dan Taufik Perdana masing-masing sebagai anggota dalam musyawarah Majelis Hakim PTUN Serang memutus menguatkan putusan Komisi Informasi Provinsi Banten (KI Banten) dan mewajibkan Biro Umum Setda Provinsi Banten memberikan informasi yang diminta oleh Haerudin.

Sengketa informasi ini berawal dari Haerudin meminta informasi publik kepada Biro Umum terkait Salinan DPA Tahun Anggaran 2015 yang pernah dijawab oleh Biro Umum Setda Provinsi Banten namun tidak sebagaimana yang diminta atau tidak sesuai apa yang diinginkan oleh Haerudin.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

Kemudian Haerudin mengajukan Sengketa Informasi Publik ke KI Banten dan KI Banten memutus memerintahkan Biro Umum Setda Provinsi Banten untuk memberikan informasi.

Tidak hanya sampai disitu, Biro Umum Setda Provinsi Banten melanjutkan sengketa ini ditingkat banding PTUN namun yang terjadi adalah PTUN memutus yang pada intinya adalah menguatkan putusan KI Banten.

Haerudin apresiasi terhadap Putusan PTUN Serang agar masyarakat dapat mengetahui program-program yang dijalankan oleh pemerintah khususnya Biro Umum Setda Provinsi Banten.

“Bagaimana masyarakat mengetahui program-program mereka (Biro Umum) jika Informasinya tidak diberikan kepada masyarakat? Ujar Haerudin saat dihubungi beritatransparansi.com

Haerudin juga menambahkan bahwa APBD ini juga merupakan anggaran yang berasal dari masyarakat dan masyarakat wajib mengetahuinya.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2020, Kapolri Keluarkan Maklumat Tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan

Haerudin berharap Biro Umum segera memberikan informasi publik yang diinginkannya, dan dia juga masih menunggu hasil salinan putusan PTUN Serang

“Saya masih menunggu Salinan putusan dari PTUN Serang, agar dapat sesegera mungkin saya mendapatkan informasi itu dan sengketa ini tidak berlarut-larut” tutupnya. (bt)