Seminar Hukum APSI dan Pembukaan PPPA Advokat Syariah

Beritatransparansi.com, Bandar Lampung – Asosiasi Pengacara Syari’ah Indonesia (APSI) Provinsi Lampung bekerja sama dengan Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Raden Intan Bandar Lampung mengadakan Seminar Hukum dan Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Advokat (PPPA) dengan tema Hukum dan Advokat “Antara Fakta dan Harapan”, pada Jum’at (23/12). PPPA ini akan dihelat setiap jum’at dan sabtu hingga akhir bulan depan, ungkap A. Burhanudin selaku ketua pelaksana PPPA.

 

 

Advokat APSI berbeda dengan advokat-advokat lain yakni mendapatkan bonus kelebihannya dengan kekhususan yaitu ilmu syariahan dan tentu juga sangat memahami ilmu hukum umum juga lainnya, hal ini disampaikan Ketua Umum DPP APSI DR. (Chand), Afdal Zikri,S.H., M.H. saat membuka acara seminar di Gedung Pertemuan Fakultas Syari’ah dan Hukum Jum’at (23/12).

 

 

“APSI Pusat bersama dengan APSI daerah seluruh Indonesia terus mendorong program-program dalam hal penyelesaian hukum diantaranya sekarang kami APSI mendorong mahkamah agung segera mengeluarkan raperma ekonomi syariah dengan gugatan sederhana perkara dibawah 200 juta, ini bagian dari kontribusi langsung APSI dalam membantu masyarakat dan syiar Islam tentunya,” tambahnya.

Baca Juga:  FKPT Banten Kunjungi Lapas Cilegon yang Terintegrasi Tiga Napiter

 

“Membangun dan memulai untuk APSI Lampung tidaklah mudah, pesan kami teruslah berjuang dan yakinlah APSI akan menjadi organisasi yang besar dan dicintai masyarakat, tutupnya. kegiatan ini dilanjutkan dengan seminar dan pendidikan,” ungkapnya.

 

Pada kesempatan yang sama, Ketua APSI Lampung Hermawan mengatakan bahwa pihaknya sengaja melaksanakan pembekalan pendidikan profesi advokat sesuai dengan UU No. 18 tahun 2003 tentang advokat.

 

“Amanat UU yang kita lakukan ini bersamaan dengan seminar Advokat dan Hukum Islam dan sebagai penutup progja APSI Lampung pada tahun 2016, dan PPPA angkatan ke II hari ini juga kita buka pendaftarannya yang akan kita gelar lagi nanti pada bulan maret 2017,” ujar Hermawan dihadapan ratusan mahasiswa peserta seminar.

Baca Juga:  Preservasi Drainase Jalan Lintas Timur Tuba di Soal

 

Dikatakan Hermawan, Tujuan acara ini yakni sebagai upaya mensosialisasikan APSI yang merupakan lembaga profesi terhormat sebagai penegak hukum bersama dengan tiga unsur lainnya yaitu polisi, jaksa dan hakim dan juga APSI merupakan tempat di mana teman-teman semua dapat mengabdikan ilmu pengetahuan yang didapat di Fakultas Syari’ah dan Hukum setelah menjadi sarjana nanti.

 

Sementara Dr. Khairudin Tahmid, Wakil Dekan 1 mewakili Dekan FSH menyampaikan bahwa Dekan FSH sangat pengapresiasi kegiatan yang dilakukan APSI ini, sudah memberikan pelajaran, kemudian pengukuhan dan action dalam berbagai kegiatan organisasinya sampai dengan hari ini semoga kegiatan APSI dapat selalu memberikan yang terbaik dalam penegakan hukum dilampung.

Baca Juga:  Pemerintah Bersama Unsur Masyarakat di Tulang Bawang Sepakat Dalam Pencegahan Pengendalian Covid-19

 

 

Diketahui kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum DPW APSI, perwakilan dari Pengadilan Tinggi Lampung, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung, Wakil Rektor III, Wakil Dekan I FSH, Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tulang Bawang serta Mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum IAIN Raden Intan Lampung. Acara seminar ini menghadirkan 4 Narasumber yang terdiri dari Dr. Drs. H. M. Wagianto S. H., M. H, Selaku Dosen FSH serta Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) FSH, Afdhal Rizki, S. H., M. H, selaku Ketua Umum DPP APSI, Selamet Hariadi, S. H., M. Hum dari Pengadilan Tinggi Lampung, dan Drs. Aksan, M.H, dari Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung dan dimoderatori Septa Wandra, S.HI. (bt/red)