Sekda Provinsi Banten Pantau Langsung Penyusunan RKA SKPD

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta memantau langsung proses penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Banten yang baru sesuai hasil perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru di Aula Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten, Jumat (2/12/2016).

Beritatransparansi.com, SERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ranta Soeharta memantau langsung proses penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Banten yang baru sesuai hasil perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang baru, Jumat (2/12/2016) di Aula Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) Provinsi Banten.

 

Ranta menjelaskan, penyusunan RKA untuk tahun anggaran 2017 berbeda dengan penyusunan RKA dengan tahun anggaran sebelumnya, pasalnya dalam penyusunan RKA untuk tahun 2017 diawali dengan E-DRPK yang ada di Bappeda terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda).

 

“Sekarang penyusunan tengah berlangsung kita upayakan semuanya bisa segera selesai, namun dengan hasil yang baik,” papar Ranta.

 

Dilakukanya penyusunan RKA yang terintegrasi dengan Simda ini sesuai dengan tujuan adanya Simda. Dimana untuk menyediakan data base mengenai kondisi di daerah yang terpadu baik dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian atau aparatur daerah maupun pelayanan publik yang dapat digunakan untuk penilaian kinerja instansi pemerintah daerah.

 

Selain itu, untuk menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat terhadap manajemen pemerintah daerah. Informasi ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan.
“Dengan terintegrasi dengan Simda, kedepan, pengimplementasian program-program yang telah tersusun dan tertuang dalam RKA ini bisa lebih sistematis, selain itu, untuk pengawasannya pun lebih mudah karena lebih transparan dan sistematis,” paparnya.
Ranta sendiri mengaku sengaja memantau secara langsung proses penyusunan RKA tersebut, karena sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), dirinya perlu memastikan proses penyusunan ini berjalan dengan semesetinya. (bt/red)