Sambut HUT RI, 721 WBP Lapas Klas IIA Serang di Periksa Kesehatannya

15

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Serang menggelar Bakti Sosial pemeriksaan Kesehatan untuk seluruh Warga Binaan, Senin (22/7/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan untuk Menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-74 ini menggandeng Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes) Kantor Wilayah Kemenkumham Banten yang Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten.

Sebanyak 721 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang saat ini ada di Lapas Serang, diperiksa dengan bentuk kepedulian Pernakes kepada kesehatan WBP.

Kasubbid Pelayanan Tahanan, Perawatan, Kesehatan dan Rehabilitasi Kantor wilayah (Kanwil) Kemenkumham Banten, Hannibal berharap, dengan pemeriksaan kesehatan ini pihaknya bisa mendapatkan data yang komplit mengenai derajat kesehatan dari WBP yang ada.

Baca Juga:  Perhatikan Nasib Nelayan, DPRD Cilegon Tetapkan Peraturan Daerah

“Kami ingin menunjukan bahwa diantara kami, yaitu Kanwil Kemenkumham Banten dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten sudah melakukan kolaborasi secara external untuk meningkatkan layanan publik bagi WBP,” ujarnya.

Kepala UPTD Pelatihan Kesehatan Provinsi Banten yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan, dr. Lili menyampaikan bahwa, tenaga dokter yang terlibat pada kegiatan ini berjumlah 7 orang ditambah 12 orang tenaga medis.

“Ini kita lakukan dalam bentuk Pelayanan Kesehatan Umum bagi masyarakat miskin, salah satunya dilakukan baksos di Lapas Serang. Kita juga bisa melayani pelayanan sunat untuk anak yang berada di Lapas,” ungkap nya

Mewakili Kalapas, Kasi Pembinaan Lapas Serang Rudi Hartono mengucapkan terima kasih kepada Pernakes dan Dinkes Provinsi Banten yang telah menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan ini.

Baca Juga:  Gunakan Perahu Rakitan, Satuan Brimob Polda Banten Salurkan Logistik Kepada Korban Banjir di Serang

“Anggaran layanan kesehatan bagi WBP di Lapas tergolong minim, untuk itu kerjasama dan bantuan dari pihak eksternal Lapas memang sangat kami harapkan dan kedepannya semoga kegiatan ini dapat berjalan berkesinambungan.” Pungkasnya. (KI)