Ronda di Terbanggi Besar, Mustafa Tuai Pujian Petani

Beritatransparansi.com, Lampung Tengah – Apresiasi atas kenaikan harga singkong terus disampaikan masyarakat kepada Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat melakukan ronda di Kecamatan Terbanggibesar, sejumlah warga menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas keseriusan Bupati Mustafa dalam menaikan harga singkong.

 

“Kenaikan singkong, berapapun, tentunya sangat membantu petani. Saya berterima kasih sekali karena pak bupati sangat serius mengupayakan kenaikan harga singkong. Ini menjadi bukti kepedulian beliau terhadap jeritan petani,” ungkap Alif, salah satu warga.

 

Dia berharap kenaikan harga singkong dapat dilakukan serentak di seluruh Lampung Tengah. Ia meminta agar bupati bisa menindak tegas perusahaan yang menolak menaikan harga singkong.

 

“Petani singkong menyebar hampir di seluruh wilayah di Lamteng. Kenaikan diharapkan merata. Perusahaan-perusahaan yang belum menaikan harga, hendaknya diingatkan,” imbuhnya.

 

Apresiasi senada disampaikan Wawan, warga Bandarjaya Timur kecamatan setempat. Menurutnya baru kali ini ada kepala daerah yang begitu serius memperjuangkan aspirasi rakyatnya.

 

“Beliau melakukan sidak ke perusahaan, menyurati presiden, mengantar petani ke kementerian dan terakhir mengundang perusahaan untuk menaikan harga. Beliau lakukan sampai harga benar-benar naik,” ujar Wawan.

 

Dia berharap perjuangan Bupati Mustafa dalam menaikan harga singkong hendaknya diimbangi dengan kesadaran perusahaan untuk mendukung program bupati. Jika pengusaha dan pemerintah mempunyai komitmen yang sama untuk membantu petani, maka petani akan sejahtera.

 

Menanggapi hal ini, Mustafa mengaku hanya melakukan apa yang menjadi tanggung jawabnya sebagai kepala daerah. Berbagai upaya akan dilakukan untuk menjawab aspirasi maupun permasalahan yang menimpa rakyatnya.

 

“Saat ini rakyat sedang menderita karena harga singkong anjlok. Tentunya saya tidak bisa tinggal diam. Saya harus pastikan singkong bisa naik. Perusahaan saya paksa untuk naikan harga. Yang belum, akan saya evaluasi,” ucap Mustafa.

 

Tak hanya itu, orang nomor satu di bumi Jejamo Wawai ini juga membuat beberapa strategi guna menjaga stabilitas harga pertanian. Mulai dari memaksimalkan pemanfaatan singkong menjadi produk setengah jadi seperti gaplek, hingga pengembangan varietas tanaman seperti bawang merah, tebu, cabai dan lainnya.

 

“Sebanyak 70 persen warga Lamteng adalah petani. Karenanya kesejahteraan petani harus menjadi prioritas. Jika petani sejahtera, otomatis Lamteng akan maju,” tandasnya.

 

Sementara terkait keamanan, Mustafa berpesan kepada warga Terbanggibesar agar memaksimalkan aktivitas ronda, menambah penerangan dan menjaga kebersihan poskamling.

 

Mustafa juga meminta masyarakat untuk tetap kompak menjaga keamanan dilingkungannya masing -masing.”Jangan mudah terprofokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, kita harus kompak untuk kemajuan Lampung Tengah, ” pinta Mustafa. (angga/red)