Relawan Desa Baruga Galang Dana untuk Korban Banjir

BT, SulawesiSelatan – Tim relawan Desa Baruga, Kecamatan Pajukukang Bantaeng, Sulawesi Selatan melakukan pendistribusian bantuan untuk korban bencana banjir pada Minggu, (14/06/2020) yang diberikan langsung ke Posko Induk Penanganan Bencana.

Langkah tersebut diawali oleh inisiatif remaja masjid Jabal Rahmat bersama pemuda Desa Baruga dengan langsung melakukan pemantauan ke lokasi yang terdampak banjir pada hari Sabtu, (13/06/2020).

Dari pemantauan tersebut, kemudian disampaikan kepada H. Basri S selaku Kades Baruga untuk didiskusikan bersama.

“Pada hari Sabtu, kami remaja masjid Jabal Rahmat bersama pemuda Desa Baruga melakukan pemantauan di Kota Bantaeng yang terkena banjir, setelah dari pemantauan kami langsung menemui Kepala Desa Baruga untuk membicarakan langkah apa yang perlu kita lakukan untuk membantu saudara kita yang terkena musibah,” ujarnya.

Baca Juga:  Kapolda Banten Kunjungi KPU, Cek Kesiapan Pengamanan Personil

Dari hal tersebut, H. Basri S menyambut baik inisiatif yang disampaikan oleh masyarakatnya dan meminta untuk melakukan penggalangan dana.

“Kita harus bergerak cepat melakukan penggalangan dana dan saya juga siap membantu dengan uang pribadi,” kata H. Basri.

Tim relawan yang turun melakukan penggalangan dana dikoordinatori oleh Jabal Rahmat yang juga sebagai fasilitator SLTR Desa Baruga. Dari hasil penggalangan tersebut akan digunakan untuk membeli 50 rak telur, 50 dus mie dan 100 dus air gelas.

Kades Baruga juga menyampaikan kepada relawan apabila dana tersebut kurang maka akan ditanggungnya.

Setelah pembicaraan itu, tim relawan pada hari itu juga langsung bergerak untuk melakukan penggalangan dana dan hasilnya dana yang terkumpul lebih dari Rp 3.200.000 (Tiga Juta Dua Ratus ribu Rupiah). Selain sumbangsih dari Kades Baruga juga ada sumbangsih dari Rumang adik dari Kades Baruga yaitu air gelas 50 dus.

Baca Juga:  Sudah Gasak 1080 Motor, Sindikat Curanmor Dibekuk Polresta Tangerang

“Hasil dana yang terkumpul hanya tiga juta dua ratus ribu lebih. Setelah itu dana tersebut kita serahkan ke Kepala Desa,” lanjut Jabal Rahmat.

H. Basri pun berharap, dari sembako yang diberikan semoga dapat mengurangi beban bagi warga yang terkena musibah, dan mudah-mudahan bencana ini tidak terjadi lagi di Kabupaten tercinta Butta Toa Bantaeng.

Setelah semuanya siap bantuan tersebut dibawa langsung oleh Hj. Halimah selaku Ketua PKK Desa Baruga bersama para relawan ke Posko Induk Penanganan Bencana Banjir Kabupaten Bantaeng. (IL/Red)