Ramai-ramai Anggota DPRD Gadai SK, Berapa Sih Gaji Anggota DPRD Jawa Barat ?

BeritaTransparansi.co.id, Bandung – Anggota DPRD di beberapa daerah, termasuk di Provinsi Jawa Barat, ramai-ramai menggadaikan SK penetapan sebagai anggota dewan ke Bank BJB. Maksimal per orang bisa mengajukan pinjaman Rp 1 miliar untuk tenor 4 tahun. Berapa sih gaji anggota dewan sehingga bisa mengajukan pinjaman sebesar itu?

Penghasilan anggota legilatif diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No 41 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Jabar. Di dalamnya tercantum rincian hak-hak mereka.

“Memang hak-hak seluruh anggota dewan sudah tertera dalam Pergub no 41 tahun 2017. Termasuk seperti kelengkapan jas, pin dan pakaian dinas di atur di sana,” kata Kabag Humas dan Protokol Sekwan Yedi Sunardi kepada detikcom belum lama ini.

Baca Juga:  RELAWAN BRIGADE TAPA ALL OUT MENANGKAN PASLON NOMOR URUT 01

Dalam aturan tersebut terdapat sejumlah sumber penghasilan antara lain uang representasi, tunjangan keluarga, tunjangan beras, uang paket, tunjangan jabatan, tunjangan alat kelengkapan, tunjangan komunikasi intensif, dan tunjangan reses.

Besaran tunjangan antara ketua, wakil dan anggota berbeda. Misalnya, ketua akan mendapatkan penghasilan total mencapai Rp 120 juta per bulan. Selain itu, ada fasilitas tambahan seperti rumah dinas, mobil dinas hingga belanja rumah tangga hingga Rp 1,5 miliar.

Sementara wakilnya juga mendapat penghasilan Rp 120 juta per bulan. Bedanya, wakil hanya mendapatkan fasilitas tambahan berupa mobil dinas dan tunjangan perumahan saja.

Sementara untuk anggota, berpenghasilan total 91,5 juta per bulan. Meski tidak mendapatkan fasilitas rumah dan mobil dinas, anggota tetap diberi tunjangan perumahan serta transportasi.

Baca Juga:  Hari Keempat Operasi Yustisi Gabungan, 1.868 Pelanggar Terkena Sanksi

Total penghasilan tersebut belum ditambah dengan uang jasa pengabdian. Misalnya, untuk ketua mendapatkan hak tersebut Rp 3 juta masa bakti di bawah satu tahun hingga Rp 15 juta masa bakti lima tahun.

Wakilnya mendapatkan hak pengabdian di bawah satu tahun Rp 2,4 juta dan masa bakti lima tahun Rp 12 juta. Sementara anggota yang pengabdian di bawah satu tahun Rp 2,3 juta hingga Rp 11,2 juta kalau sudah lima tahun.

Selain tunjangan, seluruh anggota DPRD Jabar juga mendapatkan hak jaminan kesehatan, kecelakaan kerja, juga kematian.

Dengan penghasilan yang cukup besar, masih ada anggota dewan yang menggadaikan SK nya demi kredit ke perbankan. Mayoritas, alasannya untuk menyelesaikan utang semasa kampanye. Besaran kredit dari bank BJB maksimal Rp 1 miliar. (RED)

Baca Juga:  Pendekar Banten Dukung Erick Tohir Jalankan Tugas Negara Demi Kepentingan Rakyat

Sumber : detikcom