Puluhan Pelajar SDN 4 Serang Cuci Bendera Merah Putih Untuk Memperingati HUT RI Ke-74

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Puluhan siswa-siswi kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Kota Serang cuci bendera sang pusaka Merah Putih di halaman sekolah SDN 4 Kota Serang di Jalan Uzeir Yahya, Benggala, Kota Serang, Rabu (7/8/2019).

Pencucian bendera dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus mendatang. Tujuannya, menanamkan jiwa nasionalisme dan patriotisme pada para pelajar sebagai bangsa Indonesia yang merdeka.

Kepala SDN 4 Kota Serang, Enah Suhaenah mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan bentuk kesadaran para pendidik untuk terus mengedukasi siswa-siswi agar memiliki sikap nasionalisme dan patriotisme yang kuat di kalangan pelajar SD.

Sebab sebagai pendidik, pihaknya bertanggungjawab memberikan pemahaman yang baik tentang pentingnya mengisi kemerdekaan di kalangan pelajar SD.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

“Makna kegiatan ini bukan hanya kita menaikkan bendera setiap hari Senin saja, tapi bagaimana cara memperjuangkan bendera itu tetap kita kibarkan. Jadi walaupun anak-anak bukan hidup pada zaman dahulu tapi kita ada sejarah untuk menjaga bendera agar tetap bersih dan terjaga,” ujarnya.

Pendidik, lanjutnya, harus terus intensif memberikan pengetahuan pada siswa-siswi SD tentang sejarah para pejuang dalam mengibarkan bendera merah putih. Sebab perjuangan tersebut mengajarkan untuk bersungguh-sungguh dalam mengisi kemerdekaan di era milenial saat ini.

“Jadi harapannya gak hanya sebagai seremoni saja mengibarkan, tapi para pendidik dan pelajar juga harus mempunyai semangat kuat dalam mengajar dan belajar untuk mengisi kemerdekaan yang ke-74 ini,” ucapnya.

Baca Juga:  Perkuat Jajaran, Bawaslu adakan Workshop Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilihan

Sementara itu Kayla Mazla Putri, salah seorang pelajar mengaku gembira dengan rutinitas tahunan gerakan mencuci bendera merah putih di sekolahnya. Menurutnya gerakan cuci bendera merupakan bentuk kecintaannya pada bangsa Indonesia.

“Saya dan teman-teman lainnya senang karena kita harus menghargai jasa para pahlawan kita, karena para pahlawan dulu aja ngejaga bangsa kita juga kan,” ujarnya. (0KI)