POTENSI IPHI MEMPERKOKOH NKRI

Beritatransparansi.com, Surabaya – Rakernas ke 13 Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) sedang berlangsung saat ini (13/5) hingga ahad (14/5) besok di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur.


Rakernas diikuti oleh pengurus Daerah IPHI Kabupaten Kota dan Provinsi se Indonesia, adapun delegasi Banten sebanyak 25 utusan dipimpin oleh Letkol TNI (pur) H Makmun Syahroni selaku Ketua PD IPHI Provinsi Banten, turut serta hadir diantaranya H Amas Tadjuddin mewakili Kota Serang, KH Abdul Ghofar (Pandeglang), H Dedy A Soepardi (Lebak), H Khaerusoleh (Kab Serang), H Abdurahman Rasna (Tangerang), H Edi Rochaedi dan Rossi.

Amas Tadjuddin dalam rilisnya yang disampaikan kepada wartawan koran ini menyatakan bahwa momentum Rakernas dipandang sangat strategis untuk memajukan peradaban umat islam melalui berbagai pembinaan etnik suku dan budaya sebagaimana termaktub secara filosofis dalam tata cara dan manasik haji. Sesungguhnya ajaran manasik haji lanjut Amas sangat potensial untuk memperkokoh kedaulatan nasional dan keutuhan NKRI.

Rakernas menjadi sangat dinamis menyoroti berbagai hal terkait penyelenggaraan ibadah haji banyak yang harus diperbaiki, diantaranya pelayanan dan sistem antrian haji (daftar tunggu), pembimbingan manasik,  penempatan jamaah di Makkah Madinah Arofah dan Mina, juga terkait persoalan kuota haji yang diberikan tambahan oleh pemerintah Saudi Arabia.

Amas Tadjuddin menghimbau kepada penyelenggara haji dalam hal ini kementerian agama dan para pihak terkait juga para kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) agar lebih meningkatkan kualitas pelayananya kepada masyarakat calon jamaah haji.

Pada bagian akhir rilisnya Amas mengusulkan dalam program kerja IPHI agar mampu meningkatkan peran sertanya untuk kemajuan perekonomian masyarakat muslim Indonesia bahkan dunia. (Bt)