Polisi : Beredar Pembuatan SIM Kolektif Tanpa Tes Adalah Hoax

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata, S.I.K, M.H menegaskan informasi yang beredar di media sosial dan WAG, terkait pembuatan Surat Izin Mengemudi atau SIM secara kolektif tanpa tes hanya hoax semata.

“Isu di WAG dan media sosial yang berisi tentang pembuatan SIM secara kolektif, hanya datang lalu foto dan tanpa tes hoax,” katanya saat dimintai keterangan oleh awak media, Rabu (19/02/2020).

Dia menuturkan, kepolisian hingga kini tidak pernah meluncurkan program pembuatan SIM seperti diinformasi yang salah tersebut.

“Jika masyarakat yang mau membuat SIM harus mengikuti prosedur yang ada, datang sendiri ke kantor pelayanan Satpas di setiap Polres. Lalu mendaftar sebagai pemohon, ikuti tes ujian teori dan praktik. Tidak ada pelayanan penerbitan SIM (baru dan perpanjangan) di Kantor Samsat, melainkan wajib datang langsung ke pelayanan Satpaa di masing-masing Polres,” tegasnya.

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

Lanjut Edy, masyarakat yang membutuhkan pelayanan Polri terkait dengan penerbitan SIM, bisa datang langsung ke Satpas Polres setiap hari (kecuali minggu atau libur), atau khusus perpanjangan SIM bisa datang ke lokasi pelayanan SIM keliling dengan biaya sesuai dengan PP 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak).

“Mari bijak bermedia sosial, saring sebelum sharing. Lawan hoax, tolak hoax, dan laporkan hoax,” paparnya. (01/Red)