Polda Banten Gelar Praoperasi Patuh Kalimaya 2019

BeritaTransparansi.co.id, Serang– Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyelenggarakan latihan Praoperasi Patuh Kalimaya 2019 yang bertempat di Aula Serbaguna Polda Banten, Senin (26/8/2019).

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si yang diwakili Dirlantas Kombes Pol Wibowo, S.I.K., M.Hum Memimpin langsung kegiatan latihan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wadir Lantas Polda Banten, Kabiddokkes Polda Banten, Wadir intelkam, Wadir Samapta Polda Banten, Wadir polairud Polda Banten, Wadir pamobvit, Polda Banten, para instruktur atau narasumber, 388 Peserta Latraops, yang terdiri dari Polda Banten dan polres jajaran.

Wibowo mengatakan, bahwa permasalahan dibidang lalu lintas khususnya lalu lintas jalan raya semakin hari semakin berkembang seiring dengan berkembangnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi serta jumlah penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Baca Juga:  Tahapan Monev Badan Publik, Masuki Babak Presentasi

“Masalah lalu lintas semakin hari permasalahanya semakin kompleks, dalam rangka cipta kondisi hasil keputusan mahkamah konstitusi tentang hasil pemilu pilpres 2019 serta untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap masyarakat terhadap UU Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ mewujudkan Kamseltibcarlantas, polri khususnya Polantas sebagai penegak revolusi mental serta pelopor tertib sosial di ruang publik yang akan melaksanakan ops kepolisian secara mandiri kewilayahan,” katanya saat membacakan amanat Kapolda Banten.

lebih lanjut, ia menyampaikan angka kendaraan bermotor dan populasi jumlah penduduk menyebabkan kecelakaan lalu lintas, penyebab utama tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang menimbulkan korban jiwa baik meninggal dunia, luka berat
maupun luka ringan dan kerugian materil hal
tersebut sangatlah berpengaruh terhadap aspek ekonomi, penyebab kecelakaan ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain faktor manusia, faktor kendaraan yang tidak baik jalan, faktor cuaca dan infrakstruktur.

Baca Juga:  Bupati Tuba Winarti Beri Bantuan Kepada Kelompok Wanita Kreatif

“Berkaitan dengan hal tersebut Polda Banten beserta jajaran akan melaksanakan operasi patuh tahun 2019 yang dilaksanakan secara serentak selama 14 hari terhitung mulai tanggal 29 agustus 2019 sampai dengan 11 september 2019,” ujarnya.

Wibowo mengatakan Pada latihan pra operasi kali ini, Polda Banten mengikut sertakan seluruh personel yang terlibat dalam operasi patuh kalimaya 2019 guna mendapatkan hasil yang maksimal, untuk itu pelatihan yang akan dilaksanakan selama 1 (satu) hari, hendaknya dapat diikuti dengan seksama penuh rasa tanggung jawab, jadikan kesempatan yang baik ini sebagai sarana bertukar pikiran, menambah wawasan serta pengetahuan.

“Jalin komunikasi yang baik antara peserta latihan maupun dengan narasumber yang didasari hasil pelaksanaan operasi-operasi terdahulu maupun pengalaman-pengalaman selama ini sehingga dimungkinkan didapat cara bertindak yang tepat dan cermat sehingga dapat dihindari sedikit mungkin kesalahan prosedur dalam menangani permasalahan – permasalahan yang mungkin timbul selama digelarnya operasi,” Tutupnya. (0KI)

Baca Juga:  Polres Serang Berhasil Tangkap Pelaku Penggelapan Sepatu Milik PT PWI