Peringati Imlek Lawke Cap Kao, Puluhan Ribu Warga Tiong Hoa Padati Vihara Avolakitesvara

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Peringati hari kesempurnaan Dewi Kwan Iem atau bisa disebut juga bahasa China nya Imlek Lawke Cap Kao, puluhan ribu masyarakat Tiong Hoa (China) padati Vihara Avolakitesvara Banten lama, Sabtu (20/7/2019).

Penganut agama Budha dan Konghucu dari berbagai daerah di Indonesia ini datangi Vihara tertua di Banten untuk sembhayang memperingati hari kesempurnaan Dewi Kwan Iem yang jatuh setiap tanggal 19 Juni dan bertukar jubah Dewi Kwan Iem.

Ketua panitia Vihara Avolakitesvara Sutanta Ateng mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun nya untuk berdoa kepada Dewi Kwan Iem dan ada adat terpenting yang harus di jalankan yaitu berbagi onde-onde kepada umat dengan makna mempersatu penganut agama Budha dan Konghucu.

Baca Juga:  RELAWAN BRIGADE TAPA ALL OUT MENANGKAN PASLON NOMOR URUT 01

“Setiap tanggal 19 Juni kegiatan ini kami lakukan untuk memperingati Dewi kami, dari pagi sampai malam ini ada 10.000 ribu lebih yang datang kesini untuk merayakannya dari berbagai daerah Indonesia,” katanya kepada awak media saat ditemui disela-sela kegiatan berlangsung.

“Dari Singapura juga ada,” sambungnya.

Lanjutnya, Umat yang datang dari berbagai daerah di Indonesia ini datang karena perayaan yang harus dilaksanakan untuk mengenang Dewi Kwan Iem dan ada beberapa adat yang dilakukan juga selain onde-onde.

“Acara atau adat suci bagi agama Budha dan Konghucu, acara melepas burung juga bersimbol memperpanjang umur karena kita melepas mahluk hidup,” ungkapnya. (KI)