Pegiat Keterbukaan Informasi, Iman Fauzi : Perlu Ada Kesadaran Bersama Dari Berbagai Pihak Dalam Pelaksanaan UU KIP

 

Beritatransparansi.com, Tangerang, Pada era keterbukaan informasi saat ini segala bentuk informasi atau dokumentasi yang bersumber dari apbn/apbd adalah informasi yang bisa diakses oleh masyarakat, sebagamaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

 

Sebagai Pegiat Keterbukaan Informasi Imam Fauzi mengatakan UU KIP masih belum sepenuhnya diketahui oleh badan publik atau di Pemerintah Daerah. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengalamannya Imam Fauzi yang pernah mencoba meminta informasi kepada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diwilayah Kota Tangerang.

 

“Saya Pernah meminta informasi di Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kota Tangerang, namun di SKPD terkait kenyataannya masyarakat masih sangat sulit mendapatkan informasi publik yang seharusnya itu merupakan hak bagi setiap orang untuk mengetahuinya”. Ujar Iman saat di temui kemarin di Tangerang (30/5/2016).

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

 

Menurutnya, seperti ada kecenderungan pejabat yang berwenang memakai segala cara untuk menghambat dan menutupi informasi publik yang dimohonkan oleh masyarakat.

 

“Kurangnya kesadaran para pengguna anggaran (aparatur pemerintahan) akan transparansi dan akuntabilitas badan publik menyebabkan mereka enggan menjalankan perintah UU KIP tersebut”. Kata pria yang juga sebagai Ketua Pempinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia Banten (PW GPII).

 

Iman menambahkan peran masyarakat sebagai social controller sangat diperlukan untuk mencegah potensi-potensi pelanggaran yang merugikan masyarakat, Hal ini menjadi preseden buruk bagi kita, yang menginginkam transparansi dan akuntabilitas setiap badan publik.
“Perlu kesadaran bersama dan sinergitas dari berbagai pihak untuk mengimplementasikan UU KIP tersebut. Sehingga tercipta tatanan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan kredibel”. Tutupnya

Baca Juga:  Menpan RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Pemkab Tulangbawang

(BT)