MK Tolak Gugatan Tim Rano-Embay, Ini Komentar Kuasa Hukum WH-Andika

Suasana pada saat Persidangan di Mahkamah Konstitusi, Selasa, (4/4)
Suasana pada saat Persidangan di Mahkamah Konstitusi, Selasa, (4/4)

Beritatransparansi.com, Jakarta – Majelis hakim Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan Permohonan Perselisihan Hasil Pilkada Provinsi Banten Tahun 2017 ditolak. Putusan tersebut dibacakan pada sidang putusan dismissal di gedung Mahkamah Konstitusi Jl. Medan Merdeka Barat No.6 Jakarta, Selasa (4/4) pukul 16.02 WIB.

 

Ketua Majelis Hakim MK Arief Hidayat mengungkapkan penolakan tersebut dikarenakan Pemohon tidak memiliki legal standing, hasil Pilkada melebihi ambang batas yang diatur dalam Pasal 158 dimana selisihnya lebih dari satu persen.

“Menyatakan permohonan pemohon tidak bisa diterima,” ujar Arief.

 

Kuasa hukum WH-Andika, Ramdhan Alamsyah mengungkapkan rasa syukur terhadap putusan MK yang melegitimasi dan memperkuat KPU. “Alhamdulillah menolak gugatan Rano-Embay dan menerima eksepsi kami dan KPU,” ujarnya kepada awak media usai persidangan.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2020, Kapolri Keluarkan Maklumat Tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan

 

“Pada prinsipnya pada Pasal 158 ini menjadi penghalang mereka (Tim Rano-Embay, Red) karena syarat-syarat yang diajukan tidak sesuai dengan Pasal 158,” tambahnya.

 

Ramdhan Alamsyah juga mengucapkan selamat kepada masyarakat Banten memiliki gubernur baru.“Kami selaku Tim kuasa hukum, mengucapkan Selamat kepada masyarakat Banten memiliki gubernur baru,” pungkasnya.

 

Dikatakannya, langkah selanjutnya Tim kuasa hukum akan memberikan surat ke KPU yang berisikan penegasan bahwa pemenang pada pemilu kali ini dimenangkan oleh Wahidin Halim dan Andika Hazrumy.

 

“Yang pasti sudah paripurna, mulai dari pencoblosan kemudian KPU sudah memberikan hasil perolehan suara, lalu perolehan suara diperkuat dari putusan MK, jadi proses hukum sudah dilakukan dan kemenangan Wahidin Halim dan Andika Hazrumy adalah kemenangan yang paripurna dan sempurna,” tutupnya. (bt)

Baca Juga:  Kapolda Banten Kunjungi KPU, Cek Kesiapan Pengamanan Personil