Menpan RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Pemkab Tulangbawang

BT, Tulangbawang – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Tulangbawang, Rabu (04/20).

Bupati tulang bawang menyampaikan bahwa Terobosan baru Kabupaten Tulangbawang dalam membuat Mal Pelayanan Publik yang Pertama di Provinsi Lampung, bertujuan membuat sistem pelayanan efektif dan efisien di era saat ini, yang sangat diharapkan masyarakat.

“Melalui MPP ini, kami ingin menjawab aspirasi masyarakat yang selama ini mengeluhkan pelayanan Pemerintah yang dinilai lambat, berbelit-belit, dan banyak pungutan liar. Maka dengan adanya MPP, pelayanan bisa diakses masyarakat lebih mudah, cepat, aman, nyaman dan tanpa pungli,” tegas Bunda Winarti.

Respon dan antusias masyarakat serta dunia usaha dalam memanfaatkan MPP sangat positif. Sebanyak 325 bentuk layanan diberikan MPP Tulangbawang secara terpadu, seperti pelayanan administrasi kependudukan, perizinan dan lain-lain, yang dilaksanakan oleh 16 OPD Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dan 9 Instansi Vertikal.

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

Selain itu Inovasi Layanan juga dilakukan oleh MPP Tulangbawang, diantaranya dengan membangun sistem pelayanan berbasis teknologi informasi atau secara online.

“Keberadaan MPP ini, selain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, juga diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan daerah melalui kemudahan perizinan bagi dunia usaha, agar kran investasi semakin terbuka untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Tulangbawang,” ucap Bunda Winarti.

Dalam kesempatan ini juga MENPAN-RB Tjahjo Kumolo menyampaikan alasan kenapa Presiden dan Wakil Presiden memasukan reformasi birokrasi kedalam visi misi Pemerintah.

Menurutnya, pembenahan pelayanan kepada masyarakat dan ASN sudah disiapkan sejak lama.

“Sekarang mengurus administrasi kependudukan harus hitungan menit. Semua harus cepat,” katanya.Tjahjo Kumolo meresmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Tulangbawang

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

Tjahjo mengungkapkan, berdirinya MPP Tulangbawang diyakini akan merangsang daerah lain di Lampung. Untuk itu, dia juga memberikan apresiasi besar kepada Bupati Tulangbawang Winarti atas berdirinya pusat pelayanan publik terintegrasi tersebut.

Menurut ia, tujuan dari MPP adalah untuk menciptakan birokrasi yang lincah dan ramping, yang berorientasi pada hasil.

“Sebagai MPP pertama di Lampung, saya berharap dapat lebih mendorong tumbuhnya ekonomi mikro dan kecil, sehingga angka investasi dapat semakin meningkat. Hal ini akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar”, Ujarnya.

Grand opening MPP Tulangbawang juga dihadiri Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim, Kapolda Lampung Irjen Purwadi Arianto, Deputi Pelayanan Publik KemenPAN-RB Diah Natalisa, Perwakilan Bupati/Wali Kota se-Lampung, serta Forkopimda Tulangbawang, dan jajaran Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (Sofyan/red).

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI