Menkominfo, Rudiantara : Komersialisasi 4G perlu dikawal

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mengatakan era 4G LTE saat ini tengah masuk dalam fase komersialisasi. Dalam fase ini, implementasi 4G LTE perlu untuk dijaga dan dikawal agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat.

“Perkembangan teknologi telekomunikasi khususnya akses data berkecepatan tinggi 4G LTE yang kini masuk dalam fase komersialisasi memang perlu dijaga dan dikawal,” katanya dalam acara yang digelar Indonesia LTE Conference, 4G LTE: Unfinished Business di Jakarta, Rabu (18/5).

“Targetnya, adanya teknologi yang dibangun dengan biaya yang tidak sedikit tersebut, betul-betul bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Di sisi lain, Menkominfo juga mengakui bila implementasi 4G LTE masih menghadapi sejumlah tantangan. Salah satunya saat device 4G LTE sudah siap, namun belum seluruh pengguna selular berpindah menggunakan SIM Card khusus 4G atau USIM.

Baca Juga:  Hari Ke-27 Ops Ketupat Kalimaya, 274 Unit Kendaraan Mudik Di Putar Balikan

“Saat ini pemakai ponsel 4G yang udah ganti ke SIMCard 4G udah sampai 20 jutaan. Tapi masih banyak juga yang pakai ponsel 4G tapi belum pakai SIMCard 4G. Nah, ini jadi PR kita juga,” terangnya.

Persoalan itu juga diamini oleh CEO XL Axiata, Dian Siswarini. Kata Dian, meskipun saat ini sudah ada ponsel 4G di bawah Rp 1 juta, namun USIM yang tersemat di ponsel masih sedikit jumlahnya, sehingga hal ini menjadi pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan.

“Nah, itu PR kita yang kerjakan bersama,” singkat Dian.

Sumber : merdeka.com