Mendes Eko Sambangi KPK Minta Bantuan Soal Pengawasan Dana Desa

Beritatransparansi.com, Jakarta, Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Mendes PDT) Eko Putro Sandjojo mendatangi KPK terkait meminta masukan kepada KPK soal pengawasan dana desa.

Eko mengatakan bahwa ini merupakan sesuai arahan Presiden mengingat dana desa ini cukup besar dari Rp 40 triliun naik menjadi Rp 70 triliun lalu naik Rp 100 triliun. “Beliau (Presiden) menekankan pengawasannya bagaimana”. Ujar Eko di Gedung KPK, Jakarta, Senin (8/8/2016).

 

Baca Juga: Bulan Juni Pemprov Lampung Kucurkan 12 M Untuk 100 Desa

Baca Juga: Dana Parpol Harus Transparan

 

Eko menjelaskan bahwa dirinya perlu masukan dari KPK.

“Saya juga minta masukan KPK untuk membantu teknis pengawasan dana desa. Di samping itu dalam menjalankan ini juga trust penting, tanpa trust akan susah. Makanya kita minta KPK bantu apa-apa yang kurang di kementerian kita,” kata Eko seperti yang dilansir dari detik.com

Baca Juga:  KI Kalbar Studi Banding ke KI Banten Bicarakan Soal PSI

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif klaim bahwa pihaknya telah memberikan sejumlah masukan terkait hal tersebut.

“Pertama yaitu koordinasi antara Kemendes PDT dengan kementerian lain seperti Kementerian Dalam Negeri”. Ucap Syarif

 

Baca Juga: Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Ajak Komisi Informasi Ikut Kawal Dana Desa

 

“Kedua, akuntabilitas pemanfaatan dana desa harus lebih baik ke depan”. Tambahnya

“Ketiga, KPK selalu membantu berkerja sama dengan sekjen, dirjen untuk melakukan tentang bagaimana sih meningkatkan transparansi dana desa”. Ujarnya.

Tidak hanya itu, Syarif mengatakan bahwa KPK sedang menciptakan aplikasi jaga desa yang dapat dimanfaatkan. Masyarakat dapat melaporkan hal-hal terkait penyalahgunaan dana desa serta mengusulkan program apa yang diinginkan. Sehingga masyarakat bisa berpartisipasi lewat HP, “satu misal mengusulkan program yang mereka inginkan, lalu melaporkan jika dia mencurigai ada kesalahan penyalahgunaan”. tutupnya (bt,dtk)

Baca Juga:  Menpan RB Resmikan Mall Pelayanan Publik Pemkab Tulangbawang