Lebaran, Dua Napi Tangerang Bebas

BeritaTransparansi.co.id, Tanggerang – Dua orang narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tanggerang dapat menghirup udara bebas hari ini (5/6/2019). Kedua napi bebas usai menerima remisi khusus (RK) Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. 

“Dari 1.068 yang dapat remisi, ada 2 napi yang bebas idul fitri kali ini, remisi khusus (RK),” ujar Kepala lapas (Kalapas) Abdul Hany usai melaksanakan solat idul fitri. 

Dikatakan Abdul, dari 2.801 orang penghuni dilapas, tercatat ada 2.516 napi beragama Islam. Sementara, hanya 1.068 napi yang memeroleh remisi idul fitri. 

“Ribuan penghuni lapas disini, hanya sedikit yang non muslim,” Kata Abdul. 

Abdul berharap, selepas menjalani masa hukuman, para narapi sadar untuk memperbaiki diri dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. “Juga ikut aktif berperan dalam kegiatan agama dan dapat hidup secara wajar sebagai seorang umat beragama yang baik dan bertanggung jawab,” harap Abdul.

Baca Juga:  Serah Terima Vaksin Covid-19 Di Tulang Bawang

Pemberian remisi dilaksanakan secara simbolis dihadapan ribuan napi usai salat idul fitri. Hadir dalam acara itu, pejabat eselon 3 dan 4 beserta jajaranya dan juga para staf di Lapas Kelas 1 Tangerang. 

“Bulan ramadhan sudah selesai, kita syukuri nikmat yang telah Allah Berikan, semoga setelah idul fitri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” ungkapnya. (KI)