KI Banten Nilai Persaingan Monev Tahun Ini Cukup Ketat

BeritaTransparansi.co.id. Serang – Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Jelang pemeringkatan badan publik di Banten, Komisi Informasi (KI) Propinsi Banten dari hari senin hingga hari ini masih terus dilaksanakan.

“Badan publik yang sudah di lakukan Monev dari hari Senin sampai kamis kemarin yaitu 8 Kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan hari Jum’at ini KI Banten kunjungi Bawaslu Banten, Kanwil Banten Kementrian Agama dan KPU Banten,” ujar Ketua KI Banten Hilman saat ditemui di Kantor KI Banten, jalan Raya Petir Cipocok Jaya, Kota Serang, (11/19).

Foto saat monev Pemkot Serang

Selain itu, tambah Hilman, Minggu depan pihaknya bersama Tim juga akan mendatangi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di tingkat Propinsi, dan beberapa lembaga vertikal yang ada di Banten.

Baca Juga:  Polda Banten dan APH Daerah Gelar Rakor Percepatan Penyerapan Anggaran PEN

Kegiatan monev ini adalah salah satu prosedur penilaian kedua dari yang sebelumnya adalah penilaian mengenai website badan publik.

“Ini merupakan tahap penilaian kedua, yang pertama itu adalah mengecek website badan publiknya, kemudian di monev ini lah KI Banten kembali mengklarifikasi website dan melihat dokumen-dokumen pendukung lainnya,” pungkasnya.

Foto saat monev ke PDAM Tirta Kerta Raharja Kota Tangerang

Hilman menduga untuk tahun ini persaingan di tingkat Kabupaten/kota semakin ketat, karena baik dilihat dari website badan publik maupun saat kunjungan monev KI Banten menilai sudah cukup baik.

“Sepertinya tahun ini cukup ketat persaingannya di tingkat Kabupaten/kota, baik website maupun fasilitas pelayanan informasi saat kunjungan monev kami nilai sudah cukup baik,” ungkap Hilman.

Baca Juga:  Ditresnarkoba Polda Banten Berhasil Ungkap Praktek Kecantikan Ilegal

Pada kesempatan yang sama, Ketua Koordinator pemeringkatan badan publik Suwardi menyatakan bahwa kegiatan ini juga mendorong Banten untuk mendapatkan kategori propinsi yang Informatif di tingkat Nasional.

Foto monev ke Pemkab Pandeglang

“Kegiatan monev ini yaitu juga bertujuan untuk sama-sama saling bahu membahu dalam pencapaian kategori Informatif saat pemeringkatan keterbukaan informasi di tingkat Nasional,” ujarnya.

Suwardi berharap dengan adanya agenda rutin setiap tahun ini, badan publik menjadi termotivasi menjadi badan publik percontohan dalam sistem pelayanan informasinya.

“Saya berharap, badan publik termotivasi dan berlomba-lomba demi mencapai kategori Informatif agar dapat dijadikan percontohan sistem pelayanan informasinya,” harapnya. (ABT)