Kadis DPMPTSP Serang Klaim Banyak Kandang Ayam di Ciomas Tak Berizin!

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Serang Syamsuddin menyatakan bahwa di wilayah Kecamatan Ciomas banyak kandang ayam yang tak memiliki izin.

“Jujur, di Ciomas itu banyak sekali peternak ayam atau kandang ayam yang tak memiliki izin,” katanya saat mediasi di Aula kantor DPMPTSP dengan warga Ciomas, Rabu (19/02/2020).

Saat ditanya ada berapa banyak, Syamsudin tidak mengetahui secara jelas. Yang ia ketahui bahwa kandang ayam yang banyak tak memiliki izin di Ciomas adalah milik masyarakat setempat untuk mengais rejeki sehari-harinya.

“Kalau jumlahnya tidak tahu persis, tapi banyak. Disana (Ciomas-Red) itu kandangnya punya masyarakat yang selama ini belum ada izinnya,” tutur Syamsudin.

Baca Juga:  Moderasi Tokoh Agama Pilar Strategis Cegah Terorisme

Namun saat disinggung soal langkah pemerintah akan seperti apa menangani hal tersebut, dirinya menjawab dengan santai bahwa tidak mempermasalahkan hal itu, karena menurutnya tidak berdampak pada lingkungan dan tidak menimbulkan polusi.

“Ketika bicara hukum harus tegakan mereka, bongkar. Tapi harus mempertimbangkan kembali, mereka itu masyarakat kami yang kesehariannya mengais rejeki dan makan dari situ,” terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa syarat utama diperbolehkannya izin peternakan ayam adalah memenuhi kajian lingkungan. Dalam ketentuan prosedur, lokasi kandang ayam minimal jauhnya 500 meter dari pemukiman warga.

“Syarat utama kajian lingkungan. Kalau zona ada spesifikasi ruang. Jarak yang terdekat harus 500 meter,” jelasnya. (01/Red)