Jokowi : Saya Lebih Memilih Indonesia Untuk Membuka Diri, Bukan Menutup Diri

BANDUNG — Presiden Joko Widodo mengatakan, keterbukaan dan kompetisi menjadi kunci penting untuk membenahi ketertinggalan. Dengan adanya pesaing, kata Jokowi, akan memaksa diri untuk meningkatkan kualitas.

“Karakter anak bangsa kita ini, semakin terdesak, semakin meloncat. Semakin terdesak, semakin pintar,” kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara Jambore HIPMI se-Asean di Universitas Telkom, Bandung, Senin (23/5).

Jokowi mencontohkan kemajuan setelah adanya persaingan dapat dilihat dari BUMN-BUMN seperti Bank BRI, Pertamina, dan juga Garuda Indonesia. Pada 1970-an, ucap Jokowi, bank-bank BUMN hanya beroperasi hingga pukul 13.00-4.00 WIB setiap harinya. Tapi kini, setelah diberi pesaing bank-bank asing dan swasta, bank-bank BUMN selain memiliki pelayanan yang semakin baik dan juga keuntungan yang diperoleh sangat besar.

Baca Juga:  Ditresnarkoba Polda Banten Berhasil Ungkap Praktek Kecantikan Ilegal

“Bank pemerintah menjadi bagus pelayanan, laba tahunannya meningkat, sistem IT bisa bersaing dengan swasta. Coba kita lihat Bank BRI keuntungan setiap tahun Rp 24 triliun, bank swasta kalah,” ujar Jokowi.

Demikian pula yang dialami Pertamina. Pada  1970-1980,  Jokowi menilai pelayanan Pertamina apa adanya karena SPBU yang kumuh dan petugasnya tidak menggunakan seragam. Setelah ada pesaing, pelayanan menjadi lebih bagus. “Keuntungan mereka juga lebih besar dan pesaing sudah tutup karena tidak kuat bersaing dengan Pertamina,” ucap Jokowi.

Hal sama juga terjadi pada maskapai penerbangan Garuda. Saat belum ada pesaing,  pelayanan yang kurang baik. Namun setelah banyak maskapai asing yang masuk, Garuda terus membenahi diri dan sekarang bahkan menjadi lima besar brand terbaik di Asia untuk 2016.

Baca Juga:  1 Minggu, Satresnarkoba Polresta Tangerang Tangkap 13 Tersangka Penjual Obat Keras Tanpa Izin

“Sekali lagi, itu karena ada persaingan. Atas alasan itu, saya lebih memilih Indonesia untuk membuka diri, bukan menutup diri,” ujarnya.

Sumber : republika.co.id