Indonesia Diburu Investor Asing

Beritatransparansi.com, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Iman Pambagyo mengatakan bahwa Beberapa negara mitra menyampaikan informasi akan membuka perwakilan dagang dan investasi di Indonesia untuk memfasilitasi peningkatan hubungan dagang dan investasi kedua negara. Informasi ini disampaikan oleh beberapa negara tersebut saat pertemuan para Menteri ASEAN ke-48 di Vientiane, Laos, 3-6 Agustus 2016 lalu.

 

Baca Juga: Calon Haji Khusus Ditempatkan di Ring 1 Masjidil Haram

Baca Juga: Jokowi Jamin Kerahasiaan Data Wajib Pajak

Baca Juga: 265 Wakil Rakyat Absen Dalam Rapat Paripurna Soal APBN 2017

 

Dalam pertemuan tersebut paket deregulasi ekonomi mendapatkan apresiasi positif. Hal ini dinilai menambah kepercayaan masyarakat dunia pada Indonesia. Beberapa negara mulai membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

 

Tidak hanya itu, Iman juga menambahkan bahwa dalam pertemuan ini juga dimanfaatkan untuk pertemuan liberal dengan beberapa mitra dagang seperti Amerika Serikat, Kanada dan Hongkong.

 

“Tingkat kepercayaan dunia usaha juga semakin meningkat sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, kinerja perdagangan, dan investasi bagi Indonesia,” Ujar Iman.

 

Langkah Indonesia memperbanyak kerja sama perdagangan bebas dengan dengan mitra dagang diapresiasi oleh beberapa pihak seperti Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA), Indonesia European Free Trade AssociationComprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA), dan Indonesia European Union-Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA).

 

Seperti yang dilansir dari laman kemendag, Iman menjelaskan bahwa Indonesia dianggap penting bagi negara mitra dagang. Banyak potensi yang dapat digali lebih optimal dengan semakin meningkatnya peranan ASEAN dalam memberikan kontribusi yang signifikan dalam pertumbuhan perekonomian global. (bt)

Baca Juga:  Bupati Tuba Winarti Beri Bantuan Kepada Kelompok Wanita Kreatif