E-Samsat Beri Kemudahan Masyarakat Bayar Pajak

gambar ilustrasi
gambar ilustrasi

Beritatransparansi.com, SERANG – Bank Banten ikut ambil bagian dalam sistem pembayaran pajak secara elektronik melalui e-Samsat Banten, karena kemajuan teknologi mengharuskan Bank Banten selalu melakukan inovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Banten.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Direktur Utama Bank Banten Fahmi Bagus Mahesa usai acara peresmian e-samsat di Kantor UPT Samsat Serang yang langsung diresmikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim, Selasa (20/6).

Menurut fahmi, Melalui peluncuran e-Samsat Banten ini, akan mempercepat dan mempermudah pelayanan bagi Wajib Pajak (WP) dalam membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui seluruh jaringan kantor dan jaringan elektronik Bank Banten.

Tidak hanya itu, sambungnya, peluncuran e-Samsat Banten ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat guna membayar pajak daerah, khususnya PKB.

“Dengan e-Samsat Banten, Wajib Pajak dapat dengan mudah melakukan pembayaran, terutama untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) melalui Kantor Cabang Bank Banten di seluruh Indonesia, ATM Bank Banten, Mobile Banking Bank Banten yang telah kami persiapkan dengan baik, serta tujuh Kantor Samsat di wilayah Banten,” ujarnya

e-samsat Banten merupakan layanan dari Bank Banten agar transaksi mitra Bank Banten yaitu Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) Provinsi Banten Provinsi Banten, Polda Banten, dan Jasa Raharja sehingga pembayaran dapat diterima pada hari yang sama.

“Potensi transaksi dari e-samsat ini pertahun cukup besar untuk peningkatan Dana Pihak Ketiga. Selain itu, kami berharap agar nasabah kami dapat menggunakan layanan perbankan dengan teknologi yang canggih,” ungkap Fahmi.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku optimis program ini bisa berjalan dengan baik dan bisa mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Ini salah satu bentuk upaya dalam membangun sistem pelayanan publik yang transparan, akuntable, dan cepat,” ujar WH.

Menurut WH dengan semakin transparan sistem yang dibangun oleh Pemprov Banten maka akan memberikan dampak positif yang signifikan. termasuk dalam hal pendapatan. (bt)