Dandim 0605/Subang : Penghijauan Disekitar Lokasi Akses Jalan Baru Sebagai Upaya Antisipasi Cegah Longsor

SUBANG,- Dalam menghadapi musim penghujan perlu dilakukan penghijauan disejumlah lokasi karya TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang, khususnya pada hasil sasaran fisik berupa pembukaan akses jalan baru sepanjang 8.500 meter. Hal ini sebagai upaya dalam mencegah bencana longsor pada titik-titik rawan longsor.

Karena jalan ini sangat di butuhkan, maka Dandim 0605/Subang, Letkol Arh Edi Maryono mengatakan bahwa perlu adanya tahapan-tahapan pencegahan salah satunya berupa penghijauan di sekitar lokasi sasaran TMMD. Sehingga pada pemanfaatannya tidak beresiko, dan jalan ini merupakan keberhasilan TMMD Ke-108 Kodim 0605/Subang,yang harus ditindaklanjuti dengan program-program lanjutannya.

“Langkah seperti ini berkaitan dengan kepentingan antisipasi, pencegahan terjadinya longsoran. Oleh karena itu kita akan antisipasi, adanya pergerakan tanah, karena beberapa kecamatan di Subang, rawan akan pergerakan tanah. Kita nanti lihat titik-titik vitalnya ada dimana,” imbuh Letkol Edi.

Baca Juga:  Polda Banten dan APH Daerah Gelar Rakor Percepatan Penyerapan Anggaran PEN

Ditegaskannya, penanamam pohon mahoni oleh Satgas TMMD kemarin, tentunya harus di pelihara, bahkan keterlibatan dan kepedulian warga sekitar sangat di butuhkan. Karena yang akan merasakan dampaknya warga sekitar, maka warga juga di tuntut agar rajin menanam pohon dan rumput, yang dapat mengikat tanah dari pergerakan yang diakibatkan air hujan.

“Ini yang perlu kita galakan yaitu kesadaran masyarakat dalam menanam pohon dan sebagainya, agar mampu meminimalisir terjadinya bencana longsor di jalan lintas provinsi tersebut,” tutup Dandim. Selasa (5/8/2020)