Cara Berdoa Yang Baik Dan Benar Kepada ALLAH SWT, Nomor 5 Tanpa Disadari Sering Kita Abaikan

 

Beritatransparansi.com, doa adalah jalan dimana kita meminta pertolongan kepada ALLAH SWT, tanpa pertolongan NYA kita hanya orang lemah, karena itu orang yang tidak pernah berdoa dan meminta kepada Allah termasuk dari kategori orang yang sombong.

Lalu bagaimana agar doa yang kita panjatkan kepada Allah cepat terkabul? Tentu perlu diperhatikan adab-adab dalam berdoa, yaitu:

1. Memperhatikan waktu mustajab dalam berdoa.

Seperti saat bulan Ramadhan, antara adzan dan iqomah, sepertiga malam terakhir, disaat hujan, ketika puasa menjelang waktu berbuka.

“Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim)
“Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (HR. Muslim)
“Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman, ‘Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta, akan Aku beri, dan siapa yang memohon ampunan pasti Aku ampuni’.” (HR.Muslim)

2. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.

Seperti dalam sebuah hadist.. Rosulullah bersabda: Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala Maha pemalu lagi Maha pemurah terhadap seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya (berdoa), kemudian kedua tangannya kembali dengan kosong dan kehampaan (tidak dikabulkan)

3. Berdoa dengan suara lirih, khusyu’, dan rendah diri.

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS: Al-Araf:55)

4. Berprasangka baik pada Allah, yakin bahwa doa akan dikabulkan Allah.

Berdoalah kepada Allah dan kalian yakin akan dikabulkan. Ketahuilah, sesungguhnya Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai, dan lengah (dengan doanya).” (HR. Tirmidzi)

5. Tidak tergesa-gesa dalam pengharapan terkabulnya doa.

Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda: “Akan diijabahi doa kalian, jika tidak tergesa-gesa. Sungguh kamu telah berdoa, maka atau kenapa tidak diijabahi?” (Imam Bukhari).
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahawa Rasulullah bersabda “ Akan dikabulkan (doa) seseorang di antara kalian selama dia tidak tergesa-gesa, yaitu dia berkata aku telah berdoa namun belum dikabulkan bagiku“

6. Mulailah doa dengan memuji Allah dan mengakhirinya dengan shalawat kepada nabi Muhammad

Demikian uraian singkat bagaimana adab berdoa yang sesuai dengan qur’an dan hadist. Semoga kita senantiasa selalu menjadikan doa sebagai bentuk ibadah sehari-hari. (bt)

Baca Juga:  Polsek Sukarame dan Siswa SIP Angkatan 49 Giat Baksos Bagikan Beras Dan Masker