Cagub Banten Dikawal Tujuh Polisi

SERANG – Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub dan Cawagub) Banten masing-masing mendapatkan pengawalan sebanyak tujuh orang pengawal dari Polda Banten. Pengawalan dilakukan setelah Cagub dan Cawagub Banten  mendapatkan nomor urut sampai penetapan pemenang. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten Kombes Pol. Listyo Sigit Prabowo  mengatakan, masing-masing Cagub dan Cawagub Banten  mendapatkan pengawalan melekat selama 24 jam oleh tujuh orang pengawal sehingga satu pasangan calon dikawal 14 pengawal dan untuk dua pasangan calon ada 28 orang pengawal.

“Pengawalan ini melekat 24 jam. Jadi di saat pasangan calon berkumpul mereka juga berkumpul, namun di saat berpisah mereka akan mengawal masing-masing calon sesuai dengan tugasnya,” kata Kombes Pol. Listyo Sigit Prabowo seusai penandatanganan kesepakatan bersama untuk pengawalan calon Gubernur dan Wakil Gubernur  dengan KPU Banten sesaat setelah pengundian nomor urut. Listyo mengatakan, pengawalan dilakukan mulai Selasa (25/10/2016) ini hingga sudah ada ketetapan pemenang. Selanjutnya pengawalan juga dilakukan terhadap calon terpilih sampai dengan pelantikan secara resmi terhadap calon gubernur terpilih. Ia mengimbau masyarakat tetap menjaga keamanan dan ketertiban dalam proses tahapan pilgub itu. “Jangan sampai ada kegaduhan-kegaduhan yang bisa memicu terjadinya gangguan keamanan di wilayah Banten,” katanya.

Baca Juga:  Pemprov Banten Raih Apresiasi Dari Kementerian Keuangan Atas Predikat WTP 2019

Menurut Listyo, dengan adanya penetapan calon dan pengundian nomor urut, sudah bisa diketahui siapa yang akan dipilih oleh masyarakat dan nomor berapanya. Dengan adanya dua pasangan ini, pastinya ada perbedaan pendapat baik di dalam keluarga maupun di lingkungan warga masing-masing serta lingkup yang lebih besar lagi. “Harapan kita, walaupun berbeda pendapat, persaudaraan tetap dijaga. Boleh beda pendapat kepala panas, tapi hati tetap dingin,” ucapnya. Sementara saat ditanya terkait daerah-daerah yang rawan konflik dalam pilkada, Listyo mengaku, pihaknya sudah melakukan pemetaan-pemetaan daerah-daerah yang rawan konflik dan juga daerah yang relatif aman. “Sudah kita petakan mana daerah rawan dan daerah aman,” tuturnya. (H-48/Ant)

Sumber