Bupati Serang : UMKM Kabupaten Serang Harus Kuat

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka pelatihan kewirausahaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di gedung Kopri Kabupaten Serang, Kamis (05/03/2020).

Pelatihan tersebut hasil kerjasama Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Serang dengan PT. Indomarco Prismatama (Indomaret Grup)

Diketahui, pelatihan tersebut merupakan hasil dari Memorandum of Understanding (MOU) antara Indomart Grup dengan Pemkab Serang pada Januari 2020 lalu. “Kemarin perjanjiannya sekarang pelatihannya, Indomaret langsung merespons kegelisahan saya,”ujar Tatu dalam sambutannya.

Tatu mengakui, jika upaya Pemkab Serang dalam mendorong para pelaku UMKM dilakukanya sejak menjabat menjadi Wakil Bupati Serang. Menurutnya, UMKM sudah teruji saat kondisi Indonesia mengalami krisis moneter. “Waktu Indonesia krismon (krisis moneter) perusahaan besar tumbang, tapi UMKM masih berdiri tegak. Itu yang mendasari saya terus mengembangkan UMKM,” katanya.

Baca Juga:  Bupati Tuba Winarti Beri Bantuan Kepada Kelompok Wanita Kreatif

Dia menilai, dengan mendorong UMKM untuk bertumbuh di Kabupaten Serang dengan membantu pemasaran dan meningkatkan hasil produknya maka pengusaha lokal akan mendapat peran secara utuh untuk mengatur SDM dari warga sekitar. “Akan Kami bimbing sampai bisa berjalan,” tegasnya.

Oleh karena itu, Tatu mengapresiasi Indomaret yang sudah bekerja sama dengan Pemkab Serang untuk mendorong pelaku UMKM melalui pelatihan dan produknya bisa dipasarkan melalui Indomaret. “Kalau ada tamu yang datang ke Kabupaten Serang tidak perlu repot mencari oleh-oleh cukup di Indomaret semua ada,” katanya.

Dia juga menjelaskan, produk yang masuk di Indomaret harus memiliki kejelasan mutu, kemasan, dan kesehatan. Sehinga, UMKM harus menjadikan produknya berkualitas agar bisa dipasarkan di Indomaret. “Diperlukan ketekunan daya juang yang luar biasa dan harus ada keinginan yang kuat. Semua mengalami jatuh bangun. Intinya, UMKM Kabupaten Serang tidak boleh cengeng,” tegas Tatu.

Baca Juga:  Tahapan Monev Badan Publik, Masuki Babak Presentasi

Kepala Disperindagkop Kabupaten Serang Abdul Wahid memastikan, pihaknya tidak akan putus memberikan pembinaan pelatihan dan permodalan bagi para pelaku UMKM seperti saat ini yang bekerjasama dengan Indomaret. “Karena Indomaret juga punya pelayanan promosi melalui online,” katanya.

Sementara itu, Deputi Brand Manager Indomaret Cabang Lebak Aang Uhanda mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut dilakukan rutin setiap tahunnya dengan tujuan memajukan UMKM. “Dari 140 kota dan kabupaten se Indonesia, hari ini Kabupaten Serang yang ke sembilan digelarnya pelatihan,” ujarnya. (Abt/Red)