Basarnas Edukasi Para Istri Tentang Keselamatan dan Pertolongan

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Guna memberikan edukasi tentang keselamatan, Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kelas B Banten menggelar kegiatan Darma Wanita Persaruan (DWP) Goes to SAR dan melibatkan istri dan anggota Basarnas Banten di Kantor KPP Kelas B Banten jalan raya Serang-Cilegon, Wulandira, Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (8/8/2019).

Kepala Kasubsi Sumber Daya KPP Kelas B Banten Nono Warsono melalui Humas KPP Kelas B Benten menyebutkan, sebanyak 24 anggota DWP KPP Kelas B Banten mengikuti serangkaian kegiatan pengenalan tentang peran serta perempuan dalam menjaga keselamatan lingkungan dan keluarga.

Dalam kegiatan ini para peserta diberikan pembekalan tentang bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi Gempa Bumi serta cara menangani Kebakaran dengan cara konfensional (Modern) menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang dapat digunakan di lingkungan keluarga.

Baca Juga:  Tingkatkan Literasi dan Inklusi Pasar Modal, CMSE 2020 Digelar Virtual

“Para ibu biasanya lebih banyak waktu berada di rumah, untuk itu perlunya pembekalan tentang penanganan pertama saat bencana seperti gempa dan kebakaran jika terjadi di tengah lingkungan tempat tinggalnya. Dan yang terpenting bisa menularkan apa yang dipelajari hari ini kepada para tetangga di lingkungan tempat tinggalnya,” kata Kepala Kasubsi Sumber Daya KPP Kelas B Banten Nono Warsono dalam sambutannya.

Setelah mendapatkan pemahaman tentang pertolongan dan penyelamatan secara teori, para ibu DWP ini diberikan kesempatan oleh trainer (Pendamping) untuk mempraktekkan apa yang telah disampaikan secara teori.

“Jadi tidak hanya teori saja kita dampingi untuk prakter langsung seperti yang disampaikan sebelumnya dalam teori,” tambah Nono.

Baca Juga:  Tahapan Monev Badan Publik, Masuki Babak Presentasi

“Kita perlu tingkatkan budaya keselamatan di lingkungan keluarga anggota basarnas, saat ditinggal siaga atau operasi pencarian dan pertolongan para istri harus bisa mandiri dalam penanganan apabila ada gempa dan kebakaran” lanjut Nono.

Usai kegiatan Anggota KPP Kelas II B Banten melakukan foto bersama dengan DWP KPP Kelas II B Banten yang diawali dengan penyerahan buku SAR Goes to School dengan harapan nantinya dapat memberikan manfaat positif kepada ibu ibu DWP. (0KI)