Arinal-Nunik Resmi Dilantik Jadi Gub dan Wagub Lampung

BeritaTransparansi.co.id, Lampung – Gubernur Lampung dan Wakil Gubernur Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Nunik) resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, (12/6/2019).

Pelantikan Arinal-Nunik dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 49/P Tahun 2019 tentang pengesahan dan pengangkatan gubernur dan wakil gubernur Lampung masa jabatan 2019-2024. Mereka disumpah berdasarkan agama Islam.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang diikuti Arinal dan Nunik di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan menandatangani berita acara pelantikan. Setelahnya, Jokowi dan tamu hadirin menyalami Arinal-Nunik.

Baca Juga:  1 Minggu, Satresnarkoba Polresta Tangerang Tangkap 13 Tersangka Penjual Obat Keras Tanpa Izin

Acara pelantikan juga dihadiri ketum parpol pengusung Arinal-Nunik seperti Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (PKB) dan Airlangga Hartarto (Golkar). Selain itu hadir juga Ketua DPD Oesman Sapta, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menpora Imam Nahrawi, Menaker Hanif Dhakiri, dan Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Perlu diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung resmi menetapkan pasangan Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik) sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih hasil Pilkada Serentak 27 Juni 2018. Penetapan tersebut dilaksanakan dalam pleno terbuka yang digelar di Bandarlampung, Minggu, 12 Agustus 2018.
 
Arinal-Nunik ditetapkan sebagai gubernur dan wakil gubernur setelah Mahkamah Konstitusi menolak gugatan perkara nomor 41 dan 46 tanggal 23 juni 2018 atas nama M. Ridho Ficardo-Bachtiar Basri dan Herman HN-Sutono yang ditujukan kepada KPU Lampung. (ABT/KI)

Baca Juga:  Polisi Amankan Puluhan Bungkus Narkotika Siap Edar