808 Personel Bhabinkamtibmas Ikuti Apel Besar Dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Kades 2019

BeritaTransparansi.co.id, Serang – Sebanyak 808 Personel Bhabinkamtibmas mengikuti Apel besar dalam rangka pengamanan pemilihan Kepala Desa di wilayah hukum Polda Banten tahun 2019 di lapangan Mapolda Banten, Selasa (27/8/2019).

Bhabinkamtibmas merupakan garda terdepan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, serta Bhabinkamtibmas selalu hadir di tengah masyarakat untuk mengetahui perkembangan situasi dan kondisi yang ada di lingkungan sedini mungkin.

Dalam sambutannya, Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex menyampaikan amanat dari Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir, soal penekanan dan harapan kepada seluruh Bhabinkamtibmas untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan komitmen moral dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, terus tingkatkan kompetensi dan profesionalisme serta pedomani peraturan Kapolri nomor 3 tahun 2015 tentang pemolisian masyarakat dan buku petunjuk pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas.

Baca Juga:  Tahapan Monev Badan Publik, Masuki Babak Presentasi

Selanjutnya tingkatkan sinergitas polisional dengan seluruh komponen masyarakat, intensifkan penyampaian pesan kamtibmas melalui kegiatan sambang door to door sistem, sehingga akan terbangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas.

“Jaga solidaritas, tingkatkan koordinasi dan berdayakan peranan tiga pilar Kamtibmas bersama Babinsa dan Kepala Desa atau Lurah, tingkatkan intensitas keberadaan Bhabinkamtibmas di tengah-tengah masyarakat, pahamilah bahwa keberadaan saudara merupakan representasi kehadiran negara dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat,” katanya kepada seluruh personel yang mengikuti apel.

“Jadikan diri saudara sebagai penggerak revolusi mental dan tertib sosial di ruang publik serta hindari tindakan kontra produktif yang dapat menyakiti hati masyarakat, tingkatkan akuntabilitas kinerja dengan membuat laporan secara berjenjang terkait pelaksanaan Bhabinkamtibmas, jaga dan peliharaan sarana investaris dengan baik sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas di lapangan,” sambungnya.

Baca Juga:  Bupati Tuba Winarti Beri Bantuan Kepada Kelompok Wanita Kreatif

“Dan terakhir kepada para pimpinan Bhabinkamtibmas, tingkatkan pengawasan dan pengendalian terhadap para Bhabinkamtibmas, serta lakukan analisa dan evaluasi kinerja secara berkala sehingga kinerja para bhabinkamtibmas dapat terpelihara dengan baik,” Imbuhnya.

Kemudian Wakapolda mengatakan, bahwa sampai saat ini kekuatan Bhabinkamtibmas Polda Banten adalah sebanyak 808 yang bertugas pada 139 kelurahan dan 1.160 desa yang tersebar di seluruh wilayah hukum polda banten.

“mencermati hal tersebut, Kapolda Banten berkomitmen untuk melaksanakan program prioritas Kapolri yaitu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap Kamtibmas dengan agenda melakukan upaya pemenuhan satu Bhabinkamtibmas untuk satu desa secara bertahap,” Ujarnya. (OKI)