5 Menu Buka Puasa Sehat Yang Harus Dicoba

BeritaTransparansi.co.id – Setelah kamu berpuasa seharian, pastilah membutuhkan gizi yang seimbang ketika berbuka puasa. Ada beberapa menu buka puasa yang sehat bisa kamu coba. Mau tahu apa saja?

1.Kurma

Kurma dapat menjadi pilihan menu buka puasa sehat dan praktis. Buah kurma menjadi sunah Rasullullah untuk menu berbuka puasa. Buah ini menyimpan kandungan zat besi, gula alami, serat, dan mineral. 

Jika kamu menderita sakit kepala atau pusing selama berpuasa, mungkin hal itu disebabkan karena kadar gula darah rendah. Makanlah minimal 3 biji kurma untuk dapat menjadi menu buka yang praktis.

2.Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan yang kaya serat dan membuat rasa kenyang lebih cepat. Hal ini bagus untuk kamu konsumsi jika melakukan diet. Memilih oatmeal sebagai menu buka puasa untuk diet bisa menjadi pilihanmu. Tambahkan campuran buah-buah segar, madu, dan susu rendah lemak. Semuanya itu bisa kamu gunakan untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam.

3.Kolak Biji Salak

Kamu bisa membuat kolak biji salak untuk menu takjil sehat buka puasa. Kandungan karbohidrat dari ubi mampu mengembalikan tenaga yang telah terkuras seharian selama berpuasa. 

4.Kelapa Muda

Kelapa muda menjadi pilihan paling mudah untuk melepaskan dahaga selama seharian berpuasa. Kandungan air kelapa muda bisa mengembalikan ion tubuh yang hilang selama seharian.

Kamu bisa mencampurkan es agar terasa lebih segar dan bisa menambahkan gula merah untuk rasa yang lebih manis.

5.Salad Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan vitamin dan serat. Memilih sayur dan buah untuk berbuka dapat mengembalikan tenaga yang hilang. Dengan mengonsumsi sayur dan buah juga tidak akan membuat perut terasa begah. Membuat salad dengan campuran sayur dan buah sesuai seleramu juga membuat berbuka lebih menyenangkan.

Itulah 5 menu buka puasa yang dapat kamu coba. Dengan berpuasa dapat membuat tubuh lebih sehat karena memiliki banyak manfaat. Namun dalam memilih makanan berbuka juga harus memperhatikan manfaat untuk tubuh.

Memilih menu buka dan sahur harus diperhatikan agar kamu dapat menjalani puasa lebih lancar. Kamu juga bisa menggunakan menu di atas untuk menu sahur. Selamat mencoba! (KI)

Sumber : detikHealth